Nasib Stasiun Tuban, Tertutup Tembok Tinggi & Jadi Bengkel Las

Foto / Kurnia Explore

Kereta Api merupakan salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia. Tak sedikit masyarakat yang lebih memilih menggunakan kereta api saat bepergian daripada menggunakan moda transportasi lainnya. Tuban sebenarnya mempunyai Stasiun Kereta Api yang terletak di wilayah Kelurahan Doromukti, Tuban. Tetapi sayangnya sejak tahun 1990 stasiun tersebut sudah tidak beroperasi hingga saat ini.

Stasiun Kereta Api Tuban adalah stasiun kelas I dan termasuk dalam Wilayah Aset VIII Surabaya. Seperti dikutip dari Wikipedia, S.A. Reitsma menyebutkan bahwa stasiun Tuban dan jalur kereta apinya merupakan bagian dari program perusahaan kereta api Hindia Belanda NIS.

Diresmikan pada 1 Agustus 1920 silam, Stasiun Tuban yang melayani jalur Tuban-Babat atau sebaliknya merupakan salah satu jalur cabang yang dibangun setelah perusahaan kereta api Hindia Belanda tersebut sukses dengan jalur kereta api Gambringan-Surabaya Pasarturi.

Pada saat masih beroperasi, awalnya lokomotif yang digunakan untuk melayani kereta itu menggunakan lokomotif uap. Tetapi, memasuki tahun 1970-an peran lokomotif uap digantikan oleh lokomotif diesel hidraulik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here