Makam Sunan Bonang

Makam ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang ada di Kota Tuban, banyaknya peziarah dari luar kota yang berkunjung ke makam ini untuk mendoakan salah satu Sunan yang ada di Kota Tuban ini, sedikit sejarah Sunan Bonang mempunyai nama asli Syekh Maulana Makhdum Ibrahim anak dari Raden Ali Rahmatullah Sunan Ampel bin Syekh Ibrahim Asmaraqandi. Syekh Ibrahim Asmaraqandi kakek Sunan Bonang memiliki nama asli Ibrahim Al-Ghazi bin Jamaluddin Husein merupakan ulama terkemuka keturunan Turki-Persia dari daerah Samarkand, di negeri Uzbekistan. Pada akhir abad ke-14, Syekh Ibrahim Asmaraqandi tinggal di Yunan, Cina Selatan.

Ketika memasuki kompleks makam Sunan Bonang yang berada di Dukuh Kauman, Kelurahan Kutorejo, Tuban, peziarah akan menemui bukti fisik antara lain ada tiga gapura. Gapura pertama berbentuk regol, kedua dan ketiga berbentuk Paduraksa. Gapura yang memiliki corak Hindu-Buddha ini seperti menandakan peziarah telah memasuki sebuah komplek tempat suci, atau bangunan penting yakni makam salah seorang wali yang cukup disegan.

 

Alamat :Jalan Bonang, Kutorejo, Tuban

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Karena Tuban tidak harus kuda, maka tim Tuban Now mengambil salah satu ciri khas Tuban sebagai wilayah pesisir yakni perahu untuk dijadikan logo 😀 #tubannow

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tuban Now (@tubannow) pada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here