Demam pada bayi bisa membuat orang tua takut. Tetapi jangan panik! Pada kebanyakan kasus, demam tidak berbahaya dan disebabkan oleh infeksi ringan. Selain itu, demam juga menjadi bagian penting dari pertahanan tubuh untuk melawan infeksi. Beberapa anak juga bisa mengalami kejang saat demam. Hal itu tentunya bisa membuat orang tua panik.

Namun, kondisi itu umumnya berakhir dengan cepat. Kejang juga tidak selalu menjadi tanda bahwa anak Anda menderita epilepsy. Itu biasanya juga tidak menyebabkan kerusakan permanen. Berikut ada enam hal yang bisa Anda lakukan saat si kecil mengalami demam untuk pertama kalinya, seperti dikutip dari Parents.com.

1. Pakailah termometer yang tepat

Bayi yang berumur di bawah 6 bulan sebaiknya memiliki suhu yang diukur dengan termometer rektal. Berhubung saluran telinga mereka sangat kecil, Anda tidak bisa mendapatkan pembacaan yang akurat dengan termometer telinga.

2. Buat dia tetap terhidrasi

Sangat penting untuk membuat bayi Anda tetap terhidrasi saat demam. Berikan ASI atau susu formula yang cukup selama dia demam untuk menghindari dehidrasi.

3. Minta resep pereda panas

Anda bisa memberi dia obat pereda panas. Namun hubungi dulu dokter sebelum memberikan obat-obatan kimia kepada si kecil. Dalam hal ini, dokter biasanya akan merekomendasikan acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen.

4. Memakai pakaian yang ringan

Sebaiknya kenakan pakaian yang berbahan ringan, seperti katun, pada bayi Anda. Pilih juga selimut yang tipis dan berbahan nyaman.

5. Mengatur suhu kamar tidur

Pastikan bahwa kamar tidur Anda memiliki suhu yang nyaman, yakni tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Jika kamar Anda kebetulan terasa panas atau pengap, kipas dapat digunakan untuk membantu menyejukkan suhunya.

6. Memandikannya dengan air suam-suam kuku

Jika anak Anda diberi obat pereda panas, Anda bisa memandikannya dengan air suam-suam kuku. Bila tidak, sebaiknya jangan lakukan cara ini karena suhu tubuhnya bisa naik lagi.

Segera hubungi dokter bila demam anak Anda tak kunjung membaik dan si kecil tidak buang air kecil selama 8 jam terakhir.

Komentarmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here